Jasa Pembuatan Software Aplikasi Logistik & Gudang Online Tracking Realtime

Apa itu logistik? logistik merupakan salah satu kunci penting penting dari suatu ketersediaan barang, logistik adalah suatu bidang yang mencakup kegiatan penyimpanan, pemeliharaan dan penyaluran dari suatu barang atau jasa, serta penghapusan beberapa barang atau jasa tersebut. Istilah ini semakin berkembang di era berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi sehingga setiap proses hulu dan hilir dari logistik ini terdokumentasi dengan baik di suatu sistem.

Seluruh aktivitas dari proses logistik harus dapat ter-report secara otomatis di suatu sistem dengan tujuan agar rantai pasok (supply chain) barang dan jasa tersebut dapat terdistribusi dengan baik secara tepat. Mulai dari ketersediaan barang di hulu, produksi barang, QC barang, perencanaan pengiriman, proses pengiriman, dan tibanya suatu barang tersebut sesuai dengan tujuan pengirimannya.

Kecepatan dari suatu ketersediaan dan pengiriman logistik juga menentukan kualitas barang yang dikirim atau dibutuhkan oleh market, sehingga lahirlah suatu keseimbangan antara pelayanan yang maksimal dengan biaya yang dikeluarkan oleh pembeli atau penerima barang di titik hilir pengiriman.

Apa itu elogistics?

Secara istilah yang dikutip dari website supplychainindonesia, elogistics / elogistik adalah kegiatan yang memastikan bahwa pelanggan mendapatkan apa yang mereka butuhkan pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat, dan dengan biaya minimum yang dikemas secara digital dalam setiap proses data dan pelacakannya. Beberapa elemen yang ada dalam e-logistik diantaranya adalah konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), pedagang perantara (intermediaries) dan perusahaan jasa yang terlibat. Dengan electronic tracking cukup membedakan antara konvensional logistik dengan elogistics yang saat ini digunakan.

Apa itu Aplikasi Gudang?

Aplikasi gudang adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengelola dan mengoptimalkan operasi gudang secara efisien. Aplikasi ini mencakup berbagai fitur, seperti pelacakan inventaris, pengelolaan stok, pemetaan ruang gudang, pengendalian persediaan, pemantauan pengiriman, dan pemrosesan pesanan. Aplikasi gudang membantu meningkatkan produktivitas, meminimalkan kesalahan, dan mengoptimalkan penggunaan ruang gudang. Dengan menggunakan aplikasi gudang, perusahaan dapat mengoptimalkan rantai pasokan mereka, meningkatkan kecepatan pemenuhan pesanan, dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Fitur-fitur dalam logistik yang terintegrasi dengan ecommerce

Management Produk

Keseluruhan sistem logistik sekelas ERP pun tentunya berawal dari management produk sebagai langkah awal dari pembuatan detail produk yang di dalamnya terdapat SKU atau part number (jika perusahaan tersebut terdapat produk mekanik atau spare part yang biasanya ada di dalam bengkel atau factory manufactur). Lumira.co.id mempunyai penambahan produk berdasarkan produk utama yang kemudian bisa ditambahkan dan disesuaikan dengan banyaknya varian atau jenis dari produk tersebut. Seperti contohnya: kue donat sebagai produk utamanya, dan variannya terdiri dari kue donat cokelat, vanilla, kacang, dan lain sebagainya.

Setup Produk

Tiap produk terdiri dari ID masing-masing yang bisa dibedakan berdasarkan SKU atau part-number. Selain itu program web app elogistik lumira juga menyediakan kolom pengisian gambar, deskripsi, tags, kategori, kemudian bisa ditampilkan di web apps, atau bisa ditampilkan di depan sebagai featured produk. Kemudian setelah itu bisa menambahkan varian yang ingin dibuat dengan data-data yang terdiri dari SKU / Part Number, nama varian, berat (menentukan harga ongkos kirim), harga, deskripsi varian, dan lain sebagainya.

Management Discount

Dari setiap harga produk, tentunya kita wajib memberikan harga dari masing-masing item varian yang ditambahkan. Dari harga yang ditentukan, produk kami membuatkan fasilitas management discount untuk para member biasa dan premium member yang terdaftar di sistem ecommerce yang terintegrasi dengan sistem elogistik yang Lumira buat. Sistem diskon tersebut bisa menyesuaikan dari pembelian bertingkat, contohnya pemberian diskon yang berbeda jika pelanggan membeli 10 produk dan 20 produk. Discount dapat diberikan sesuai parameter minum pembeliann yang sudah disetup oleh admin.

Transaksi

Dari setiap transaksi yang masuk, pasti akan berpengaruh di dalam keberadaan stock masing-masing cabang atau gudang pusat, dari sistem yang lumira buat, para direksi atau admin dapat memantau pembelian dan approval status pesanan yang ada di dalam sistem back-office atau web admin. Di dalam transaksi juga sudah tertanam fitur cicilan / TOP (term of payment) / loan management.

Stock Keluar

Dari stock keluar kita sudah bisa memprediksi barang yang keluar dari gudang akibat dari perpindahan barang akibat penjualan atau perpindahan barang ke cabang lain atau ke gudang lain. Di sistem logistik yang Lumira rancang sudah dapat otomatis menyesuaikan dari sistem bisnis proses yang ada.

Stock Masuk

Sama seperti stock keluar, stock masuk juga karena ada 2 kemungkinan yang terjadi, pertama stock masuk karena ada pengiriman (pindah barang) dari cabang atau gudang pusat atau sebelah, dan kedua stock masuk karena ada pembelian dari supplier asal barang tersebut. Di dalam kasus barang tersebut didapatkan dari supplier, di sistem web app Lumira juga terdapat database supplier dan pembuatan PO (Purchase Order) dari supplier hingga ke TOP / payment kepada supplier.

Driver atau Kurir

Dengan adanya tracking, tiap pihak dapat memantau lokasi driver atau kurir yang sedang mengantar barang ke titik tujuan dari pengiriman tersebut. Di sistem logistik yang kami buat, terdapat driver yang bisa diatur dengan jumlah yang unlimited, tujuannya jika perusahaan mempunyai armada yang cukup banyak, sehingga dapat dengan mudah memantau posisi driver atau kurir dalam perjalanan.

Dengan terintegrasi dengan maps maka cukup dengan mudah mengetahui titik keberadaan driver atau kurir yang sedang bekerja.

Harga Aplikasi Logistik Lumira

Harga start from 25jt untuk installasi awal dan start from 2jt untuk harga maintenance. Tentunya harga tersebut disesuaikan dengan jumlah cabang yang diakomodir oleh sistem. Silahkan hubungi WA admin untuk mendapatkan penjelasan dan presentasi demo produk kami, klik di sini

Dengan menggunakan elektronik logistik, maka sistem dan data akan lebih mudah dipantau secara real time kapan pun dan dimana pun kita berada, sehingga direksi atau manager perusahaan bisa melihat pergerakan data dan posisi barang dengan mudah, tak hanya itu terkait management produk dan penjualan dapat dengan mudah dipantau, sehingga tim operational dan tim marketing dapat berkolaborasi dengan cepat sesuai dengan pergerakan arus transaksi yang ada.

Mudahkan setiap proses supply logistik Anda dengan program web apps yang kami punya, hubungi tim kami untuk mendapatkan presentasi produk serta penawaran terbaik untuk perusahaan Anda.

Jadi, jika Anda ingin mengalami kemudahan dan efisiensi dalam pengelolaan logistik, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi logistik yang dibuat oleh Lumira. Dengan fitur-fitur unggul dan layanan profesional, aplikasi ini akan membantu meningkatkan produktivitas dan mengoptimalkan operasional logistik Anda. Jangan lewatkan kesempatan ini dan segera coba aplikasi logistik Lumira untuk merasakan perbedaannya!

Hai, ada yang bisa di bantu ?

Konsultasi via WhatsApp