Karya ilmiah adalah karya tulis yang disusun untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada dan dapat diteliti. Karya ilmiah harus berlandasakan teori, metode-metode ilmiah atau yang bersumber dari contoh jurnal. Penulisan dari karya tulis jenis ini disajikan secara runtut dan sistematis. Berikut ini contoh karya ilmiah sederhana mengenai dampak negatif games online dan media pembelajaran pada Anak.
Daftar Isi
Contoh Karya Ilmiah Sederhana yang Mudah di Buat
Dampak Negatif Penggunaan Games Online Bagi Anak Usia Dini
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Games online merupakan salah satu hasil cemerlang dari perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih. Seluruh manusia yang hidup di belahan bumi manapun dapat bertemu dan bermain bersama dalam satu permainan secara online. Games online tidak memiliki sistem pembatasan usia sehingga banyak anak-anak usia dini yang ikut memainkannya.
Pengoperasian games online bagi anak-anak usia dini akan berpengaruh sangat besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan emosinya. Sehingga harus mendapat pendampingan dari orangtua masing-masing. Games online merupakan salah satu yang memengaruhi psikis anak.
Rumusan Masalah
Bagaimana dampak negatif penggunaan games online bagi anak usia dini?
Tujuan Penelitian
Mendeskripsikan dampak negatif penggunaan games onine bagi anak usia dini.
BAB II
PEMBAHASAN
Games online kini merupakan kebutuhan utama bagi anak usia dini, apalagi kalau anak tersebut sudah diberi kebebasan untuk mengoperasikan smartphone yang telah terhubung dengan jaringan internet. Namun, tidak semua anak bisa membatasi penggunaan games online jika tidak didampingi oleh orangtua mereka. Tanpa pemantauan dari orangtua anak-anak akan kecanduan terhadap games tersebut.
Kecanduan ini akan mengakibatkan dampak negative sebagai berikut:
1. Kurang pergerakan karena hanya terpaku pada games online
2. Membuat anak-anak keasyikan sehingga lupa waktu
3. Menimbulkan keinginan untuk melakukan kekerasan jika games yang dimainkan terdapat unsur kekerasan.
4. Berkurangnya rasa ingin berbaur dengan masyarakat
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dampak negatif yang dapat terjadi pada anak-anak karena penggunaan games online adalah kurangnya pergerakan pada anak, membuat anak-anak lupa waktu, terjadinya kekerasan, dan berkurangnya rasa ingin berbaur pada orang lain. Dampak negatif tersebut dapat dihindari apabila orangtua ikut serta untuk memantau kegiatan anak-anak. Selalu awasi buah hati dalam menggunakan games online.
Contoh Karya Ilmiah Lengkap
Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Untuk Anak Anak
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Aplikasi pembelajaran adalah salah satu solusi yang dikembangkan oleh beberapa software house untuk meningkatkan minat belajar pada anak usia dini. Banyak orang tua yang menggunakan Aplikasi Pembelajaran sebagai solusi agar Anak mengurangi bermain game online. Dengan alasan bisa meningkatkan daya ingat pada anak dikarenakan belajarnya dengan suka hati.
Selain itu tanpa orang tua sadari permainan aplikasi pembelajaran bisa membiasakan anak yang belum usianya sudah memegang Handphone. Ditakutkan dengan terbiasa membuka Hanphone dengan alasan sebagai media pembelajaran sang anak juga membuka aplikasi yang tidak dibutuhkan.
Rumusan Masalah
Apa sajakah dampak positif dan negatif dari penggunaan pembelajaran pada Anak usia dini ?
Tujuan Penelitian
Mengetahui dampak positif dan negatif yang dialami dengan memberlakukan aplikasi media pembelajaran pada Anak.
BAB II
PEMBAHASAN
Aplikasi pembelajaran adalah sebuah media pembelajaran pada anak usia dini yang rancang oleh para software house untuk menyikapi perkembangan zaman. Tetapi pada realitanya tidak semua berdampak positif ada pula negatifnya dikarenakan efek jangka menengahnya sangat mengkhawatirkan pada Anak.
Dampak positif pada anak usia dini jika menerapkan media pembelajaran menggunakan Aplikasi sebagai berikut :
- Anak bisa belajar dengan sesuka hati dan mengkases ilmu tanpa batas.
- Meningkatkan minat baca pada Anak dikarenakan banyak info grafis yang menarik.
Selain dampak positif yang didapatkan ada pula kemungkinan dampak negatif yang diperoleh berikut ini :
- Anak dengan usia yang seharusnya belum boleh memegang hp menjadi terbiasa dikenalkan sejak dini sehingga ditakutkan biasa membuka aplikasi yang belum saatnya tahu.
- Membuka Aplikasi selain media pembelajaran diluar kontrol orang tua.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Itulah tadi dampak negatif dan positif tentang penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran pada Anak usia dini. Ketika orang tua menerapkan Aplikasi sebagai media pembelajaran sebisa mungkin dampak negatif pada anak diminimalisir dengan mengontrol penggunaan HP.
Penutup
Demikianlah pembahasan tentang karya ilmiah dan contoh karya ilmiah. Semoga pembahasan di atas dapat membantu Anda dan menjadi referensi dalam pembuatan karya ilmiah.